Sabtu, 10 November 2012

Manfaat Lidah Buaya


Manfaat Lidah Buaya

khasiat lidah buayaLidah buaya merupakan tanaman asli Afrika Utara yang dipuji di seluruh dunia untuk sifat obatnya dan telah digunakan selama lebih dari seribu tahun. Tanaman ini juga dapat digunakan secara langsung, dalam bentuknya yang murni, untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan:
Nutrisi Tambahan
Lidah buaya adalah satu-satunya sayuran yang mengandung vitamin B12, membuatnya menjadi suplemen yang bagus untuk vegetarian. Tanaman ini juga kaya akan vitamin C, asam amino, enzim dan mineral yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Cara terbaik untuk mengkonsumsi lidah buaya secara internal adalah dalam bentuk jus, yang dapat dibuat di rumah dengan lidah buaya dalam air mendidih selama sekitar 20 menit. Jus ini juga bisa dibeli di toko makanan kesehatan dalam kemasan siap minum.
Pertolongan Pertama pada Kecelakaan
Jus dari tanaman lidah buaya adalah solusi pertolongan pertama untuk luka bakar yang besar dan dapat diterapkan langsung di atas luka untuk meringankan rasa sakit dan membantu proses penyembuhan. Salep tanaman ini juga dapat digunakan langsung di atas luka bakar dan bekas luka untuk membantu memudarkan dan mempercepat penyembuhan bekas luka. Karena bersifat anti-bakteri dan anti jamur, lidah buaya dapat digunakan langsung pada luka ketika jika tidak tersedia krim antibiotik atau peralatan pembersih untuk merawat cedera. Lidah buaya mengandung laktat magnesium, anti-gatal, membuat tanaman ini sebagai obat yang baik untuk gigitan serangga dan alergi.
Masalah Pencernaan
Jus lidah buaya baik untuk berbagai masalah pencernaan, termasuk sembelit, mulas dan sakit perut. Ini juga dapat menenangkan gangguan lambung karena mabuk, dan telah dikenal untuk meringankan luka bakar dan bisul. Untuk orang dengan mual dan muntah, minum jus lidah buaya mungkin sulit karena rasanya yang kuat, kapsul atau tablet ekstrak lidah buaya mungkin pilihan yang lebih baik.
Perawatan Kulit
Karena kasiat penyembuhannya, lidah buaya telah banyak digunakan untuk merangsang regenerasi jaringan dan membantu tanda kulit memudar, bekas luka dan bintik-bintik. Hal ini juga dapat diterapkan pada kulit untuk menenangkan ruam, dan digunakan untuk mengobati dermatitis, dan eksim. Terutama berguna bila dikombinasikan dengan pengobatan tradisional, lidah buaya juga dapat membantu kulit kering, kulit terkelupas karena angin dan cuaca dingin.

0 komentar:

Posting Komentar